Thursday, November 4, 2010

Hutan dan Pengertiannya

 Pernahkah anda melihat sebuah videoklip dari sebuah lagu berjudul "Earth Song"? Lagu ini dinyanyikan oleh Almarhum Michael Jackson pada tahun 90an. Disitu di gambarkan bagaimana hutan ditebang dengan mesin mesin modern. Di akhir videoklip, Jacko berharap hutan yang ditebang itu bisa kembali seperti semula.Pada posting pertama ini, saya akan berbagi informasi tentang Hutan, definisi dan pengertiannya.  Apa yang terbayang di benak anda, ketika mendengar, membaca sebuah kata Hutan. Bagi kita yang saat ini tinggal di desa, atau di daerah dekat hutan, tentu akan terbayang pada sebuah lokasi atau daerah yang ditumbuhi dengan berbagai macam pepohonan. Akan tetapi jika seseorang tinggal di kota besar, dan sama sekali belum melihat seperti apakah wujud hutan itu, tentu merasa kesulitan membayangkan seperti apakah hutan itu, mungkin dia hanya melihat di film yang ada di TV.
Nah Menurut Wikipedia Hutan adalah sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Kawasan-kawasan semacam ini terdapat di wilayah-wilayah yang luas di dunia dan berfungsi sebagai penampung karbon dioksida (carbon dioxide sink), habitat hewan, modulator arus hidrologika, serta pelestari tanah, dan merupakan salah satu aspek biosfer Bumi yang paling penting. Kemudian pengertian Hutan secara konsepsional yuridis dirumuskan di dalam Pasal 1 Ayat (1) Undang-undang Nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Menurut Undang-undang tersebut, Hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumberdaya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan, yang satu dengan yang lainnya tidak dapat dipisahkan. 
Sedangkan pengertian Kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang ditunjuk dan atau ditetapkan oleh Pemerintah untuk dipertahankan keberadaannya sebagai hutan tetap. Dalam perkembangannya hingga saat ini terdapat berbagai macam jenis hutan antara lain :
  • Hutan Adat adalah hutan negara yang berada dalam wilayah masyarakat hukum adat.
  • Hutan Lahan Kering Primer, Seluruh kenampakan hutan di dataran rendah, perbukitan dan pegunungan yang belum menampakan penebangan, termasuk vegetasi rendah alami yang tumbuh di atas batuan massif.
  • Hutan Lahan Kering Sekunder adalah Seluruh kenampakan hutan di dataran rendah, perbukitan & pegunungan yg telah menampakkan bekas penebangan (kenampakan alur pembalakan & bercak bekas penebangan. Bekas penebangan yang parah tetapi tidak termasuk areal HTI, perkebunan atau pertanian
  • Hutan Lindung (HL) adalah hutan yang dipertahankan sebagai kawasan hutan yang fungsi pokok sebagi perlindungan system penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut dan memelihara kesuburan tanah.
  • Hutan Mangrove Primer,  Hutan bakau, nipah nibung yang berada di sekitar pantai yang belum ditebang. Pada beberapa kondisi hutan mengrove berada di pedalaman.
  • Hutan Mangrove Sekunder (Hms),Hutan bakau, nipah dan nibung yang telah mengalami penebangan yang ditampakkan oleh pola alur di dalamnya. Khusus untuk areal bekas tebangan yang telah dijadikan tambak/sawah (tampak pola persegi/pematang) dimasukkan ke dalam kelas tambak/sawah.
  • Hutan Mangrove, Hutan yang tumbuh di daerah pantai yang dipengaruhi pasang surut air laut.
  • Hutan Primer, Hutan yang belum dieksploitasi.
  • Hutan Produksi adalah areal hutan yang dipertahankan sebagai kawasan hutan dan berfungsi untuk menghasilkan hasil hutan bagi kepentingan konsumsi masyarakat, industri dan eksport.
  • Hutan Produksi Terbatas yang selanjutnya disebut HPT adalah kawasan hutan dengan faktor-faktor kelas lereng, jenis tanah dan intensitas hujan setelah masing-masing dikalikan dengan angka penimbang mempunyai jumlah nilai antara 125-174, di luar kawasan lindung, hutan suaka alam, hutan pelestarian alam dan taman buru.
  • Hutan Produksi Tetap yang selanjutnya disebut HP adalah kawasan hutan dengan faktor-faktor kelas lereng, jenis tanah dan intensitas hujan setelah masing-masing dikalikan dengan angka penimbang mempunyai jumlah nilai dibawah 125, di luar kawasan lindung, hutan suaka alam, hutan pelestarian alam dan taman buru.
  • Hutan Konservasi yang selanjutnya disebut HK adalah kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang mempunyai fungsi pokok pengawetan keanekaragam tumbuhan dan satwa serta ekosistemnya.
  • Hutan Produksi yang dapat dikonversi yang selanjutnya disebut HPK adalah kawasan hutan yang secara ruang dicadangkan untuk digunakan bagi pembangunan di luar kehutanan.
  • Hutan Rawa Primer (Hrp), Seluruh kenampakan hutan di daerah berawa-rawa, termasuk rawa gambut yang belum menampakkan tanda penebangan.
  • Hutan Tetap adalah kawasan hutan yang akan dipertahankan keberadaannya sebagai kawasan hutan, terdiri dari hutan konservasi, hutan lindung, hutan produksi terbatas dan hutan produksi tetap.
  • Hutan Rawa Sekunder (Hrs), Seluruh kenampakan hutan berawa-rawa yang telah enampakkan bekas penebangan.Bekas penebangan yang parah jika tidak memperlihatkan liputan air digolongkan tanah terbuka, sedangkan jika memperlihatkan liputan air digolongkan menjadi tubuh air (rawa).
  • Hutan Sekunder, Kondisi hutan yang sudah dieksploitasi tampak pada foto udara dengan adanya jalan angkutan kayu.
  • Hutan Suaka Alam adalah kawasan hutan yang karena keadaan dan sifat fisik wilayahnya perlu dibina dan dipertahankan keaneka-ragaman jenis tumbuhan dan satwa, tipe ekosistem, gejala dan keunikan alam, bagi kepentingan pengawetan plasma nutfah, ilmu pengetahuan, wisata dan pambangunan pada umumnya.
  • Hutan Tanaman (Ht/2006), Seluruh kawasan hutan tanaman baik yang sudah ditanami maupun yang belum (masih berupa lahan kosong). Identifikasi lokasi dapat diperoleh pada Peta Persebaran HTI.
  • Hutan Wisata adalah kawasan hutan yang karena dan sifat wilayahnya perlu dibina dan dipertahankan sebagai hutan dengan maksud untuk pengembangan pendidikan/penyuluhan, rekreasi dan olah raga.
Untuk penjelasan tentang berbagai hutan diatas, akan saya tulis dalam postingan tersendiri.

0 comments:

Post a Comment

 
Free Website templatesRiad in FesFree Flash TemplatesFree joomla templatesCréation site internetConception site internetMusic Videos OnlineFree Wordpress Themes Templatesfreethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree Web Templates